Tips Strategi SEO Blog

Search Engine Optimazion (SEO) merupakan strategi yang paling murah dan efektif untuk promosi blog. Namun, Search Engine Optimazion ini juga yang membuat banyak blogger pusing 7 keliling. Terutama pada blog baru yang belum memiliki pagerank di mesin pencari.



Sebenarnya saya nggak paham betul tentang Strategi SEO untuk Blog. Namun, saya mendapatkan banyak masukan dari blog-blog terkenal yang membahas seputar SEO dan ditambah dengan sedikit pengalaman saya yang mungkin akan berguna buat sahabat Blogger.

Ada banyak trik optimasi search engine untuk blog (khususnya blogspot yang lebih saya mengerti). Namun, sebelum kita lebih jauh mempelajari tentang Optimasi Search Engine, alangkah baiknya sebagai blogger kita harus memperhatikan kualitas konten kita, agar pengunjung nantinya tidak kecewa.
Nah, berikut ini ada sedikit tips optimasi search engine  (SEO) untuk blog yang saya tahu:

Persiapan Optimasi Mesin Pencari (SEO)
    
    Memilih Keyword yang Pas  dan  Berkualitas
    Keyword merupakan hal terpenting dalam optimasi SEO, karena hanya dengan keyword atau kata kunci yang kita pakai inilah pengunjung dari search engine bisa menemukan blog kita. Untuk bisa mendapatkan keyword yang berkualitas dan cocok untuk blog kita, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan keyword yang tepat, seperti:
  • Blog saya berisi tentang apa?
  • Siapa target pengunjung blog saya? 
  • Kata kunci apa yang akan digunakan pengunjung yang mencari informasi sesuai konten blog saya?
  • Bagaimana kita sendiri mendapatkan informasi melalui mesin pencari mengenai topik yang kita tulis?
  • Kata kunci apa yang paling banyak digunakan pengunjung untuk menemukan topik ini? 
  • Hasil apa yang akan muncul bila saya pakai kata kunci ini?
  • Seberapa banyak blog lain yang memakai kata kunci(keyword)  ini?
Pertanyaan-pertanyaan di atas akan membuat kita menemukan keyword terbaik untuk blog kita dan keyword pendukung lainnya. Kita harus lebih mengenal blog kita sendiri sebelum mengharapkan blog kita mendapatkan banyak pengunjung.
Keyword-keyword terbaik yang kita temukan, selanjutnya kita aplikasikan pada beberapa bagian blog (alamat blog, judul postingan, URL post, pada konten, kategori, link, dll).



STRATEGI SEO DARI DALAM BLOG
  1. Menggunakan kata kunci pilihan dalam alamat domain blog, khususnya untuk blog yang memang menginginkan SEO yang sangat optimal (pengin terkenal). Walaupun masih pakai subdomain gratisan blogspot, tapi  penggunaan  keyword  yang tepat  sangat  berpengaruh (penting  malah). Apalagi jika menggunakan domain berbayar (TLD) ataupun yang gratisan semacam domain co.cc, co.tv, co.nr dll. Penggunaan domain mengandung keyword ini dampaknya akan sangat signifikan. Makanya, tak jarang kita temukan domain yang dijual.
  2. Judul blog menggunakan target kata kunci. Yang perlu kita perhatikan untuk pemilihan judul blog adalah sebaiknya menggunakan kata kunci utama sesuai spesifikasi/tema blog (mewakili blog kita) dan sebaiknya juga disesuaikan dengan alamat domain blog. Sebaiknya judul blog jangan terlalu panjang, bisa merupakan sebuah kata kunci atau penggabungan 2 kata kunci.
  3. Optimasi Mesin Telusur-SEO pada Blog Descreptions, menggunakan penggabungan beberapa kata kunci yang banyak digunakan orang, dirangkai dalam satu kalimat yang bisa menjeslaskan secara singkat tentang blog kita setelah judul.
  4. Optimasi SEO pada post/halaman konten. Optimasi SEO yang kita lakukan pada halaman konten blog/post adalah SEO pada judul post, lalu SEO pada URL post dan SEO pada isi halaman/konten. Nah, pada posting blog kita bisa memakai pemadatan kata kunci target. Semakin padat kata kunci yang digunakan pada postingan, maka kemungkinan SEO-nya akan semakin baik. Walaupun demikian, bagaimanapun juga kita harus tetap menggunakan cara-cara yang relevan. Maksudnya, jangan sampai karena saking semangatnya melakukan SEO untuk blog kita malah mengesampingkan kenyamanan pengunjung blog, atau malah ngawur membuat posting tak bermakna (asal tulis keyword). 
  5. Perbanyak konten blog, tapi hindari duplikasi konten. Biasanya, blog yang ukurannya lebih besar (punya banyak konten) akan lebih mudah terindex oleh search engine dari pada blog yang lebih kecil. Selain itu, sebaiknya tulis artikel yang lebih panjang (yang saya tahu, kebanyakan artikel yang muncul di urutan teratas google  adalah  artikel yang panjang-panjang). Menurut salah satu tulisan yang ada di problogger, sang blogger selalu menulis minimal 250 karakter tiap postingan agar lebih optimal.
  6. Membuat artikel pillar. Artikel pillar merupakan artikel utama dalam sebuah blog dengan kualitas dan SEO yang sangat baik dan lebih panjang dari artikel lainnya. Artikel pillar merupakan daya tarik tersendiri dalam sebuah blog. Saat ini saya sedang mencoba membuat beberapa artikel pillar untuk blog ini.
  7. Menggunakan kata kunci pada Kategori/Label 
  8. Menggunakan tag ALT pada gambar.
  9. Menghubungkan antara artikel satu dan lainnya yang berkaitan dalam satu blog. Cara Search Engine seperti google meng-indeks blog adalah dengan mengirimkan robot crawler ke blog kita untuk melacak apa yang telah kita tulis dan ikuti link. Membuat lebih mudah bagi mereka untuk berkeliling blog dengan menggunakan link internal.
  10. Menebalkan setiap kata kunci. Inilah mengapa Anda melihat banyak kata yang ditebalkan dalam blog ini.
  11. Satu topik untuk setiap post. Menggunakan kata yang sama dalam beberapa judul post tidak membuat semua artikel yang kita tulis terindeks oleh search engine semacam google. Hal ini karena mereka juga memilah-milah artikel yang akan ditampilkan di hasil pencarian mereka sehingga sangat jarang kita mendapatkan lebih dari satu artikel dalam blog yang sama bisa tampil dalam satu deret hasil pencarian.

 STRATEGI SEO DARI LUAR BLOG
  1.  Submit ke Search Engine. Beberapa search engine yang wajib adalah GOOGLE, YAHOO, ALTAVISTA. Ada banyak fasilitas yang bisa kita gunakan untuk submit ke banyak search engine secara cepat, misalnya SUBMIT EXPRESS.
  2. Ping. Beberapa blogger mengaku kalau mereka melakukan ping setiap update blog.
  3. Membangun Back Link. Semakin banyak link masuk ke blog kita, maka akan semakin mudah untuk kita mendapatkan peringkat pagerank di google dan alexarank.

 Selamat melaksanakan Strategi SEO. Semoga blog sobat semakin maju pesat!
Bagi yang ingin mempunyai BLOG SEPERTI INI/BLOG PERSONAL/BLOG BISNIS/BLOG INSTANSI/BLOG KOMUNITAS , Anda bisa memakai jasa SaranaBlogger.   «« trima kasih.

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar